8 Hari Ayam Sembuh Dari Penyakit Berak Hijau dan Kapur, Begini Cara Mengobatinya!

Pengalaman mengobati berak hijau lanjut ke berak kapur sembuh dalam 8 hari 

Hampir 7 hari ayam berumur biang ini bertahan hidup. Dengan belas kasihan saya mengobati ayam yang terkena penyakit berak hijau dan berlanjut ke berak putih hingga akhirnya sembuh dihari yang kedelapan . Sebelumnya tahun 2015 tahun silam, 20 lebih ekor ayam berupa biang dan pejantan maupun janggar mati karena penyakit ini.

Obat Ampuh Berak Hijau dan Kapur Pada Ayam

Selama hampir 3 hari, 2 fokus belajar mencari referensi dari berapa artikel ayam diwebsite, youtube, puluhan forum ayam di Facebook maupun forum terkenal yakni PAPAJI INDONESIA.

Lihat gambar forum di papaji indonesia:


Share pengalaman ternakku

"Langkah ini tentu saja tidak dapat dijadikan rujukan namun langkah ini bisa dijadikan penambah wawasan sesama penghobi ayam."

"Sebaiknya bagaimanapun pisahkan ayam sakit, jauh-jauh dari kandang utama: 
Atau setidaknya tidak sealiran dengan hembusan udara dan ayam tidak masuk ke kandang yang sakit."

" setelah saat mengobati ayam sakit jangan lupa cuci tangan anda dan alat bekas pembersihan ayam yang terkena sakit dan bisakan jangan jangan memegang ayam lain sebelum membersihkan"  

" Pengalaman pribadi dalam pemeliharaan ayam aduan, ayam kontes dan ayam jawa, tidak ada yang namanya pengobatan yang efektif dalam ayam jadi yang hanya ada adalah pencegahan. Jadi hal yang paling utama dalam pemeliharaan ayam adalah pecegahan, Jadi sebaiknya rajin vaksin."

Delapan hari Sembuh mengobati berak hijau berlanjut berak kapur

Ayam Biang ini terlihat sakit pada hari 08-maret-2019, Awalnya ayam ini sakit hanya Berak Hijau berlanjut ke berak hijau parah, dan berlanjut lagi Ke penyakit berak kapur. Minggu kemarin biang ini empat hari sama sekali tidak buka mata dan tubuh kaku, mulut banyak sekali lendir dan kepala hampir kebawah. Disisi lain juga banyak yang mengatakan dan menuliskan ayam yang terserang penyakit seperti ini adalah 90% mati atau 10% harapan hidup.

Kondisi ayam terserang penyakit ini, biang ini akan mau bertelur sudah bertelur 1 buah.

Meski saya tidak punya obat suntik dan hanya punya pasaran yakni Tetra dan Anti Snot dan CRD (baru saja saya beli).  Jujur saya punya harapan panjang pada biang ini jadi sebelum mengobati saya tidak lupa berdoa atau baca basmalah. Banyak yang bilang jika ayam terkena penyakit seperti ini harapan hidupyan sangat sedikit.

Lihat gambar kepala ayam dua hari setelah terkena berak hijau

Sembuh Dari  Berak Hijau dan Kapur Pada ayam pengalaman pribadi


Hal apa saja yang saya lakukan ketika ayam berak hijau dan berlanjut ke berak kapur.
Berdasarkan berikut pengalaman dalam mengobati ayam berak hijau berlanjut berak kapur:

1. Gambar diatas menunjukan ayam sakit dua hari setelah sakit dan baru saja ayam saya keluarkan paksa isi ditembolok ayam. Sayangnya isi tembolok tidak bisa semua dikeluarkan sebab banyak bebatuan yang tidak bulat didalamnya.

Jadi langkah pertama yang saya usahakan adalah menguras isi tembolok ayam dengan alasan makanan didalam tembolok sudah basi dan belum dicerna. kemudian meminmukan sedikit air.

2. Hari kedua (Berak hijau)
Saya membeli Tetra Chloer 1 bungkus isi 10. Awalnya karena saya sudah putus asa langsung meminumkan obat sekaligus dua butir pagi dan sori hari atau jadi berjumlah 4 butir.

Malam harinya setelah meminumkan obat, saya membuat perasan kunir (kunyit) secukupnya diperas lalu diminumkan. Alasannya karena kunir sangat baik untuk pencernaan. Kemudian ditambah sedikit Gula Jawa dengan ukuran satu jempol.

Jadi dua hari setelah sakit saya tidak kasih makan dan hanya sedikit air dan sedikit gula jawa saja.

3. Pagi di hari ketiga setalah saya meminumkan obat berak hijau kemudian sedikit melolohkan nasi yakni nasi dan sedikit gula jawa dengan cara dikepali sebesar 1 jempol dan 4-5 tetes air hangat. Tujuannya untuk kebutuhan karbohidrat dan pembakaran kalori ditubuh ayam.

Malam hari sebelum meminumkan obat ternyata mulut ayam sudah berlendir. Namun kerena saya malas jadi belum membersihkan lendir, meski saya tau membersihkan lendir mungkin lebih baik bagi kesehatan ayam.

Jadi malam itu setelah meminumkan obat tetra chlor langkah selanjutnya seperti biasa yakni meminumkan air perasan kunir secukupnya ditambah sedikit jahe. Jahe diparud bersamaan kunir kemudian di peras di ambil air kemudian diminumkannya. Perbandingan yang saya lakukan adalah 75% kunir dan 25% jahe, diparut dan diambil airnya kemudian diminumkan. Jahe dimaksudkan untuk mengobati kembung si ayam.

Gambar Penyakit Berak Kapur Pada Ayam


4. Perlakuan pagi hari keempat adalah membersihkan lendir dengan air hangat dan sedikit meminumkan 3-4 tetes air hangat dan meminumkan tetra chlor.  Ternyata setalah saya pegang temboloknya, gumpalan nasi masih ada di tembolok ayam.

Di hari keempat di pagi hari tidak diberi makan lohohan tapi hanya memakan gula jawa, dengan meniatkan kepalan nasi sebesar 1 pucuk jempol digantikan malam harinya.

Di malam harinya perlakuan yang diberikan hanya membersihkan lendir dengan air hangat dan 2 butir tetra chlor juga perasan kunir tanpa dicampur jahe.

5. Perlakuan pagi hari kelima sama dengan hari keempat, namun hari ini adalah dimana obat tetra chlor hampir habis, karena tidak ada perubahan saya berpikir, saya harus mengganti dengan trymezin.

Namun obat yang temukan adalah Anti Snot & CRD (kapsul) dan membeli 1 bungkus isi 10.

Pada malam harinya setelah bersihkan lendir, memberikan obat 2 butir tetra chlor, sedikit kepalan nasi dan meminumkan perasan kunir dicampur sedikit jahe (takaran sama dengan hari ketiga).

Lihat gambar:
Sembuh dari Berak Hijau dan Kapur Pada ayam pengalaman pribadi
Ayam hari ke 8 setelah penyembuhan

6. Pada hari keenam setelah membersihkan lendir, meminumkan obat, meminumkan perasan kunir dan 1 butir Anti Snot & CRD, sedikit kepalan nasi dan tumbukan  1 siung bawang putih.

Lihat gambar:
Obat ampuh Penyakit Berak Kapur Pada Ayam

Nah, dimalam harinya bada maghrib ternyata terlihat keadaan ayam sudah membaik, hal ini dilihat dari ayam sudah membuka kedua bola mata dan kepala sudah tidak berbentuk huruf S, meski sayap masih kebawah dan kaki masih kaku.

Perlakuannya adalah membersihkan lendir ayam, meminumkan obat, meminumkan perasaan kunir saja dan tumbukan 1 siung bawang putih. 

7. Dihari ketujuh pagi harinya meski tubuh ayam masih lemas namun ternyata ayam sudah berdiri, tembolok sudah mulai asat, mampu menggerakan lehernya bahkan berjalan dan juga ternyata BAB ayam sudah tidak berak kapur bercampur lendir yakni berwarna Hijau tua serta berbau kunir.

Perlakuan hari ketujuh adalah membersihkan lendir (ternyata sudah sedikit), meminumkan obat Anti Snot & CRD 1 butir, Air Perasan Kunir, lolohan nasi sebesar pucuk jempol.

Malam harinya bersihkan lendir, meminumkan obat Anti Snot & CRD 1 butir, Air Perasan Kunir, jika tembolok sudah normal boleh ditambah nasi.

8. Hari kedelapan adalah tahap penyembuhan jangan dicampur dengan ayam sehat dulu.

Pagi hari obat yang diberikan adalah perasan air kunir, bersihkan lendir jika masih ada, 1 siung bawang putih ditumbuk, daun pepaya dijadikan butiran sebesar kelereng lalu dilolohkan, lolohkan nasi yang dikepal sebesar jempol.

Malam harinya bersihkan lendir, meminumkan obat Anti Snot & CRD 1 butir, Air Perasan Kunir di tambah gula jawa

Di hari berikutnya jika ayam sudah benar-bernar sehat sudah bisa diumbar sebentar agar terkena sinar matahari.

Obat Ampuh Berak Hijau dan Kapur Pada ayam pengalaman pribadi

Obat Ampuh Berak Hijau dan Kapur Pada ayam pengalaman pribadi

Obat Ampuh Berak Hijau dan Kapur Pada ayam pengalaman pribadi

Menurut pengalaman pribadi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengobatan berak hijau, berak kapur maupun penyakit lainnya:

1. Perhatikan tembolok ayam, jangan sampai ayam kenyang dengan isi makanan dan air putih saja, lebih baik berikan perasaan kunir (kunyit) saja.

2. Sirkulasi udara dikandang ayam yang sedang sakit

3. Sebaiknya jika malam datang, berikan lampu dan jaga kehangatan suhu kandang

4. Kebersihan kadang di Kandang pengobatan ayam

Semoga berhasil, Jangan lupa vaksin rutin.

0 Response to "8 Hari Ayam Sembuh Dari Penyakit Berak Hijau dan Kapur, Begini Cara Mengobatinya!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel