Wajib Disyukuri, Ini 6 Manfaat Dan Keuntungan Budiaya Ternak Maggot Bagi Kehidupan Kita

Pada prisipnya maggot dewasa bis mengandung hampir 50% kadar protein jadi dapat digunakan untuk pakan burung, burung kicau, pakan ayam, bebek, ikan lele, ikan gurame,  ikan gabus dan hewan lainya. Maggot adalah solusi pakan bagi semua hewan ternak.

Dalam budidaya Maggot tidak serumit budidaya lainnya dan bisa dibilang sangat mudah dan bagi yang mempunyai lahan sempit tentu anda bisa mencobanya.


6 Manfaat Maggot Bagi kehidupan kita Yang Sebaiknya anda ketahui:

1. Biomassa sampah diubah menjadi larva dan residu. Larva terdiri dari ± 35% protein dan ±30% lemak kasar. Protein serangga ini memiliki kualitas yang tinggi dan menjadi sumber daya makanan bagi para peternak ayam dan ikan. Percobaan pemberian makan telah memberikan hasil bahwa larva BSF dapat dijadikan sebagai alternatif pakan yang cocok untuk ikan.

2. Pemberian makan berupa sampah ke larva bertujuan untuk menghentikan penyebaran bakteri yang menyebabkan penyakit, seperti Salmonella spp. Hal ini berarti bahwa risiko penyakit yang dapat ditularkan antara hewan dengan hewan, dan antara hewan dengan manusia dapat berkurang ketika menggunakan teknologi ini di peternakan atau ketika mengolah sampah yang berasal dari hewan pada umumnya (contohnya kotoran ayam atau sampah dari sisa pemotongan hewan). Meskipun demikian, pengurangan risiko utama dapat dicapai melalui pengurangan material sampah (±80%) dibandingkan melalui penonaktifan patogen (mikroorganisme parasit).

3. Pengurangan berat basah sampah mencapai 80%. Jika pengolahan sampah organik dilakukan langsung di sumber sampah, maka biaya pengangkutan sampah dan kebutuhan lahan untuk tempat pembuangan akhir (TPA) dapat dikurangi. Contohnya pengolahan sampah organik dapat mengurangi terjadinya penimbunan sampah di ruang terbuka, yang masih menjadi permasalahan di daerah berpendapatan rendah dan menengah.

4. Residu sisa proses pengolahan dengan BSF merupakan material yang mirip dengan kompos, mengandung nutrisi dan unsur organik, dan ketika digunakan di pertanian dapat membantu mengurangi penipisan nutrisi tanah.

5. Laju konversi sampah-menjadi-biomasa yang tinggi, hingga 25% dari berat basahnya, sehingga merupakan kuan-titas hasil yang memuaskan dari perspektif bisnis.

6. Pengoperasikan fasilitas ini tidak membutuhkan teknologi yang canggih. Karena itu sesuai untuk diterapkan di daerah berpendapatan rendah, yang masih mengandalkan teknologi yang sederhana dan tenaga kerja dengan keterampilan rendah.

0 Response to "Wajib Disyukuri, Ini 6 Manfaat Dan Keuntungan Budiaya Ternak Maggot Bagi Kehidupan Kita"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel