Wajib Diketahui, Ini Rahasia Sukses Dan Cepat Untung Ternak Kambing

Keistimewaan dalam beternak domba yaitu pemeliharaannya yang mudah, modal tidak besar, cepat menemukan hasil, cepat bernak pinak, adaptasi tinggi dan bisa disebut sebagai investasi jangka panjang. Selain tersebut permintaan daging yang tinggi menjadi prospek yang baik guna peternak. Konsumsi rata-rata daging 5,6 juta ekor/tahun dan baru tercukupi ± 40% dari total kebutuhan. Daging dapat dipakai sebagai pemenuhan keperluan pada hari raya keagamaan/adat.

Salah satu kunci berhasil dalam beternak kambing ialah dengan memanajemen ternak dengan memilih calon bibit, umur, produktifitas dan kesehatan ternak. Salah satu ciri ternak yang sehat dapat disaksikan dari bulu yang bersih dan mengkilat, penampilan dengan tubuh besar dan tidak cacat dan memiliki sifat keibuan yang baik pada betina.

Manajemen dapat dilaksanakan mulai dari pemeliharaan anak yang baru lahir. Memelihara anak domba yang baru bermunculan dapat dilaksanakan dengan: Mengeluarkan lendir yang ada pada mulut dan hidung supaya tidak mengganggu pernafasan, Mengikat tali pusar sepanjang 2.5 cm dari pusat, lantas potong 1 cm dibawah ikatan tersebut, memberi yodium tinctureuntuk menangkal terjadinya infeksi, Keringkan tubuh ternak dan biarkan bergerak bebas dan belajar berdiri sendiri, dan Biarkan anak domba menyusu sepuas-puasnya.

Baca Juga:
Cara Menguntungkan Ternak Kambing
Cara Ampuh mengobati Segala Penyakit Kambing

Selain hal itu, untuk meningkatkan jumlah ternak, peternak mesti menambah produktifitas ternak seperti dengan cara, mengusahakan supaya induk mencetuskan anak kembar dengan memberikan pakan dengan bobot baik dan jumlah yang lumayan 2 bulan sebelum dan setelah dikawinkan, meminimalisir angka kematian dengan memberikan pakan berkualitas ke induk 2 bulan sebelum dan setelah melahirkan.

Ternak yang tidak produktif bisa terlihat, tidak bunting sesudah 3 kali dikawinkan, siklus birahinya tidak teratur, keluarnya cairan keruh, tidak memiliki sifat mengasuh, terpapar mastitis, selang beranak terlampau panjang dan tua.



0 Response to "Wajib Diketahui, Ini Rahasia Sukses Dan Cepat Untung Ternak Kambing"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel