9 Peluang Usaha Ternak Menguntungkan Tahun 2019 Cocok di Lahan Sempit Di Desa Juga Perkotaan

Dalam berbisnis tentu kita harus jeli melihat peluang usaha, banyak fakta membuktikan bahwa bisnis selalu mengikuti perkembangan jaman atau trend yang dibutuhkan dan dicari oleh masyarakat, meskipun bisnis-bisnis lama selalu beroperasi semisal bisnis ayam potong atau petelur, bebek potong maupun petelur, puyuh, kambing, dan lain sebagainya. Dimana dalam menjalankan bisnis ini anda bisa menjalankan dilahan sempit maupun luas dan bagi anda berdomisili di kampung atau pedesaan maupun diperkotaan.

Memang, membuka usaha ternak bisa menjadi bisnis yang sangat menguntungkan dan tentunya tidak harus memiliki lahan yang luas. Anda cermat dalam memilih jenis budidaya yang cocok dari segi keuangan, lokasi bahkan minat dan hobby.

Lantas jenis ternak apa yang trend, berpeluang dan anda dapat kerjakan ditahun terkini atau 2019 tahun ini:

1. Pengemukan Kambing (Qurban/Daging Dijual Lagi) peluang usaha ternak menguntungkan 2019

Bisnis mengguntungkan ini tidak membutuhkan modal banyak anda bisa memulai dengan 1 atau 2 ekor kambing. Nah, bagi anda yang menginginkan bagaimana cara menggemukan kambing, sudah banyak sekali tersedia di internet. Bacalah beberapa panduan atau tutorial dengan seksama dari beberapa hal yang anda belajari.

Seperti cara membuat pakan kambing bisa juga dengan menggunakan bahan yang cukup murah dan mudah atau tidak dapat di berikan secara langsung. Akan tetapi harus melalui proses dalam fermentasi agar senyawa yang terdapat pada bahan organik ini bisa di jadikan atau disusun menjadi senyawa yang berkualitas dan bergizi dengan mudah untuk dicerna oleh kambing.

Cara membuat pakan kambing fermentasi adalah salah satu yang sangat mudah untuk dilakukan setiap orang, dan ini merupakan hasilnya sangat berguna untuk masa kedepan nya. Karena pakan tersebut bisa digunakan dalam sewaktu-waktu jika kita memang benar-benar membutuhkannya.

Bisa Anda ambil pakan dengan secukupnya setelah itu bisa Anda tutup kembali dengan rapat untuk wadah pakan tersebut. Suatu saat ternak kambing akan semakin berkembang karena untuk pakan murah dan bergizi, aman, dan mudah di dapatkan nya. Untuk keuntungan dalam melakukan pakan kambing fermentasi ini sangat banyak sekali termasuk.

Beberapa manfaat pakan kambing buatan atau Fermentasi:
1. Sangat mudah untuk dicerna, nanti pada kandungan gizi akan terserap dengan sempurna dan bisa menunjang penggemukan.
2. Dapat meningkatkan agar dengan produksi susu dan jenis kambing susu etawa
3. Sangat mudah agar bisa meningkatkan berat kambing yang berisi.
4. Fermentasi bisa meningkatkan untuk hawa nafsu makan.
5. Daging yang dari hasil oleh kambing pengkonsumsi pakan buatan, nanti akan semakin rendah untuk kolesterol.
6. Dapat meningkatkan daya tahan tahan tubuh dari serangan penyakit.

Untuk kotoran kambing pakan buatan dari hasil fermentasi, nanti bisa lebih baik dan berkualitas, apabila bisa dijadikan pupuk organik di banding dengan kambing pakan dengan bahan alami atau pakan hijau. [1]


2.Ternak burung kicau merupakan salah satu peluang usaha ternak menguntungkan di tahun 2019

Anda bisa memilih ternak burung kiacau dari yang paling diburu atau berpeluang hingga standar dicari seperti
1. Murai Batu
2. Parrot Sun Conure (Parkit Matahari)
2. Kacer
3. Cucak hijau
4. Crucukan
5. Pentet
6. Love Bird
7. Kacer

Hal yang perlu diperhatiakan saat beternak burung:

1. Indukan Berkualitas
Paling utama dalam menangkar yaitu cara memilih indukan. Untuk indukan Jantan pilihlah pejantan yang berkwalitas yaitu mempunyai suara keras, tidak cacat fisik mau pun mental, pejantan harus berumur minimal 2 tahun,d an juga tidak giras ( jinak ),postur body yang ideal.  Sedangkan untuk indukan betina pilih juga yang berkwalitas karna inti juga dalam turunan yang bagus. Pilih indukan betina yang mempunyai suara yang bagus dan keras,tidak cacat fisik mau pun mentas,body baik,jinak dan juga harus berumur minimal 1 tahun.

2. Lokasi Penangkaran
Untuk lokasi penangkaran pilih lokasi yang tidak bising dari berbagai macam suara seperti mesin,gaduh,dll.

3. Kandang Penangkaran
Perlu diperhatikan yang utama juga dalam menyediakan kandang penangkar dan ukuran bisa kita sesuaikan dengan keadaan lokasi tidak perlu besar yang jelas kandang harus nyaman dan juga sinar matahari dapat masuk dan bersih.

4. Tempat Makan, Jam Makan dan Tempat Bersarang Burung.
Tempat makan dan minum selalu ada disediakan guna memberikan makan burung dengan ukuran 10cm x 10cm dan untuk minum bisa kita beli dtoko burung yg ukuran agak besar. Tempat sarang kita harus menyediakan tidak hanya 1 beri 3-4 tempat sangkar agar burung dapat memilih sendiri. Ukuran tempat sarangnya 20 cm x 20 cm. Tempat mandi berikan yang tempat yang luas juga bisa juga bak mandi pada keramba burung.

3. Ternak Belut
Belut adalah salah satu hewan yang lumayan banyak mengadung kadar protein, maka sebab dari itu mayoritas penduduk indonesia menyukai jenis makanan ini. Untuk kisaran harga perkilogram 60-100 ribu rupiah. Anda bisa memulai peluang bisnis ini dari mulai lahan yang sempit.

Dilansir dari kebumenhow, dari sepetak tanah berukuran 3 m x 1 m di Malang, Jawa Timur, Agus memanen sekitar 10 kg belut dewasa sepanjang rata-rata 30 cm. Panen belut di lahan sempit, Agus Hidayat menciptakan kolam belut yang ringkas, knockdown. Bahan bakunya potongan pipa besi air ledeng dan terpal atau bisa menggunakan yang lainnya seperti bambu dll. Itu solusi bagi peternak di perkotaan yang sering terganjal keterbatasan lahan.

Anda bisa baca:  Ternak Belut Dilahan Sempit Dan Menguntungkan


4. Ternak Kelinci
Kelinci adalah salah satu hewan kesayangan manusia, bisnis akan berlanjut sebab selain menjadi hewan peliharaan, kelinci juga bisa diambil dagingnya,

Umumnya kelinci  betina  segera  dikawinkan  ketika  mencapai  dewasa  pada  umur  5 bulan (betina dan jantan). Bila terlalu muda kesehatan terganggu dan dan mortalitas anak tinggi. Bila pejantan pertama kali mengawini, sebaiknya kawinkan dengan betina yang sudah pernah beranak. Waktu kawin pagi/sore hari di kandang pejantan dan biarkan hingga terjadi 2 kali perkawinan, setelah itu pejantan dipisahkan.

Baca Juga: Ternak Kelinci Mudah Dan Menguntunkan

5. Budidaya Jangkrik Pakan Burung Kicau
Bisnis ini adalah salah satu peluang bisnis 2019 . Melihat naiknya populasi penghobi burung kicau menjadikan makanan kesukaan burung ini semakin banyak dibutuhkan. Meski partai besar pembisnis ternak jangkrik sudah ada. Namun tidak ada salahnya anda mencoba ternak dengan memulai bibit 1 ons atau 2 ons yang nantinya anda akan besarkan.  kemudian ditawarkan kepada pemilik burung kicau ( door to door)
Baca Juga: Metode Ternak Jangkrik Menguntungkan

6. Ternak Ikan Hias
Dilansir dari Sindonews.com di salah satu rumah warga Desa Kalipelus, Banjarnegara. Yono (45) ribuan botol yang berjajar tersebut ternyata berisi ikan hias yang cantik dan berwarna-warni. Dalam 5 tahun terakhir, Yono menekuni bisnis budidaya dan berjualan ikan hias jenis Cupang atau yang dalam bahasa latin disebut Betta Splendens. Budidaya ikan Cupang ini tak harus memiliki kolam luas, bisa dilakukan dengan memanfaatkan botol bekas. Hasil budidaya ikan yang dikembangkan Yono tidak hanya dijual di wilayah Banjarnegara. Dia telah mengirim ikan ke sejumlah daerah di Sumatera, Surabaya dan Jakarta. Diakuinya omzet per bulan bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Beberapa pilihan dalam ternak ikan hias yang berpeluang (rame dijual) yang dijadikan peluang usaha ternak #2019
1. Ikan Pari Warna
2. Ikan Hias Nemo
3. Ikan Hias Lohan Censu
4. Ikan Hias Aquascape Painted Glass Fish
5. Ikan Hias Jenis Elektrik (Blue Elektrik)
6. Ikan Hias Golden Moli
7. Ikan Hias Gupy dan Cupang
8. Ikan Hias Parrot Kissing Ballon
9. Ikan Hias Arwana dan masih banyak lagi

Perlu diperhatikan dalam mengetahui jenis ikan hias yang akan dipelihara karena ikan hias yang agresif tidak boleh dimasukan dalam kolam yang sama dengan jenis ikan yang tidak agresif, atau ikan agresif dijadikan dalam satu wadah dengan ikan teritorial. Ciri-ciri makhluk hidup seperti ikan hias ini harus dipantau dan diamati dengan benar agar tidak salah dalam pemeliharaannya. Ciri-ciri ekosistem air tawar sebaiknya disesuaikan dengan akuarium yang akan menjadi tempat hidup ikan-ikan hias.

7. Beternak Kucing Angora dan Persia
Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan hewan piaraan yang satu ini. Selain terkenal akan harganya yang sangat tinggi, jenis kucing jenis ini tetap memiliki penggemar yang tidak pernah ada matinya.

Untuk anakan berumur 2 bulan, jenis kucing ras yang masih asli dan bersertifikat harganya bisa mencapai jutaan, belum lagi yang sudah dewasa dan pernah mengikuti kontes maka bisa mencapai puluhan juta. Jika modal terlalu berat, mungkin bisa anda coba terlebih dahulu mengembang biakan jenis jenis keturunan Persia. Biarpun tidak tergolong kelas premium, harga kucing hias masih kisaran ratusan ribu untuk anakan. Sedangkan perkembang biakan kucing terbilang sangat cepat yaitu setiap 4 bulan sudah melahirkan anak lagi antara 3 hingga 6 ekor setiap induknya.[2]


8. Ternak Hewan Reptile Hias
Beberapa Pilihan Reptile Hias yang Trend dijadikan Peluang Usaha Ternak Terkini 2019

a. Iguana Forest Dragon 
Bagi penghobi reptil Iguana Forest Dragon merupakan hewan yang seakan menjadi pihan wajib. Iguana sendiri merupakan binatang yang berkembang biak dengan bertelur. Agar bisa ditetaskan, telur harus dibuahi/dierami oleh jantan. Hal ini terjadi melalui proses perkawinan secara alami. Agar proses perkawinan terjadi secara efektif, masukkan induk jantan dan induk betina dalam satu kandang. Perbandingan yang bagus untuk kawin, yakni 1 jantan dan 2-3 betina. Pembeda antara jantan dan betina antara lain jengger jantan lebih panjang, tubuh lebih besar, wama kulit lebih terang, kepala lebih besar, dan terdapat jakun. Sedangkan Iguana betina jenggernya lebih pendek, tubuh lebih kecil, warna kulit lebih terang, dan kepala kecil.

Biasanya proses reproduksi terjadi setahun sekali yaitu bulan Agustus, lalu 1-2 bulan kemudian indukan akan bertelur, dan menetas paling lama sekitar bulan Januari. Sekali bertelur setiap indukan mampu bertelur sekitar 25-40 butir dan yang akan menetas hidup berkisar 80%. Setiap kali bertelur akan menghasilkan 1-2 anakan yang paling berkualitas dengan ciri warna hijau pastel/hijau terang, bibir seperti memakai lipstick biru yang harga jualnya lebih mahal 3 kali lipat dari yang biasa. Dalam siklus hidupnya, indukan betina kawin hanya sekali dalam 1 tahun dan yang jantan bisa 2-3 kali setahun.

Faktor makanan juga sangat mendukung terbentuknya telur yang fertile (bisa menetas). Saat sebelum kawin, berikan makanan yang berkualitas dalam jumlah yang cukup, baik bagi Iguana jantan maupun Iguana betina. Karena Iguana adalah hewan yang mudah stress seperti tidak nafsu makan, galak, warna kulit berubah jadi gelap.
Solusinya adalah dengan memperhatikan makanannya. Selain itu bisa kita pindahkan ke tempat yang lebih tenang. Dan berikan minum dan suplemen yang ditaburkan di makanannya. Misalnya Vita-gel penambah mineral dan energi dengan dosis 1-3 cm diberikan 1-2 kali/hari pada waktu tidak nafsu makan saja.

b.  Kadal Duri Mata Merah atau Red Eye Crocodile Skink
Kadal duri mata merah atau kadal Tribolonotus Gracilis boleh dibilang punya tampang yang lumayan sangar, tapi sebenernya kadal ini sangat jinak. Kadal unik ini berasal dari Irian dan ukuran kadal dewasa bisa mencapai hingga 25 cm. Usia kadal ini sendiri bisa mencapai 10 th. Kadal ini memiliki keunikan berupa lingkaran berwarna merah di sekeliling matanya.

Usianya dapat mencapai 10 tahun dan kadal ini berkembang biak dengan cara bertelur, satu butir setiap kurang lebih sebulan sekali. Telurnya menetas dalam jangka waktu 40 hingga 90 hari, biasanya dalam rentang waktu setelah mengeluarkan telur berikutnya. Ketika baru keluar dari telurnya, kadal ini berukuran sekitar 7 cm. Betina biasanya hanya bertelur satu butir dalam satu waktu, dan jantan hidup dengan tradisi teritorial.



c. Leopard Gecko, Tokek Cantik dan JinakLeopard Gecko merupakan jenis tokek yang indah bisa dijinakan, dan mudah dipelihara. Makanannya, binatang kecil seperti jangkrik, cacing, dan serangga kecil lainnya. Ia lebih banyak mencari makan di malam hari. Sementara di siang hari ia tidur untuk menghindari panas dan mengumpulkan tenaga. Sama halnya seperti cicak, saat terancam musuh, leopard gecko akan memutuskan ekor atau melakukan autotomi  untuk mengelabui musuh.

Dilansir dari Grid.id Leopard Gecko atau sering disebut tokek cantik dan jinak dalam sebulan sekali akan berganti kulit. Satu atau dua hari sebelum ganti kulit, warna kulit binatang itu akan berubah jadi abu-abu atau putih. Kulitnya yang sudah lepas, biasanya akan dimakan. Berbeda dengan tokek rumah, Leopard gecko tidak bersuara “tokeeek….” Binatang ini juga tidak bisa berjalan di dinding karena hanya memiliki sedikit kandungan perekat lamel pada kakinya. [ ]

9. Ternak ayam Petelur/ Joper (Jowo Super)
Melihat kebutuhan telur dari tahun ketahun selalu meningkat. Dilansir dari katadata.coid, harga telur ayam ras di pasar tradisional di DKI Jakarta mengalami tren kenaikan sejak bulan lalu. Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional harga telur ayam ras pada 5 Desember 2018 mencapai Rp 25.650/kg naik Rp 450/kg (21,28%) dibanding Rp 21.150/kg pada 1 November. Di tingkat pengecer harga telur ayam bahkan telah mencapai Rp 28.000/kg.

Telur dan daging ayam seakan menjadi makanan wajib, disisi yang sama manfaat telur maupun daging ayam bisa difungsikan sebagai bahan tambahan dalam olahan makanan lain seperti seperti telur dalam pembuatan roti dan daging ayam dalam olahan bakso.

0 Response to "9 Peluang Usaha Ternak Menguntungkan Tahun 2019 Cocok di Lahan Sempit Di Desa Juga Perkotaan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel