IMF Bali, Jackma Ungkap 3 Rahasia Besar Kunci Jadi Pengusaha


Sesuai apa yang di kabarkan ternyata Jackma benar-benar hadir dalam acara IMF-WB di Bali. Tokoh besar pendiri alibaba ini tentunya banyak jurus untuk membangun ecommerce terbesar di dunia yakni alibaba. Lalu apa saja rahasia yang disampaikan olehnya sehingga membuat pengusaha lebih maju?

Pendiri raksasa teknologi asal China Alibaba yakni Jack Ma, mengungkapan rahasia rahasia terbesar untuk menjadi pengusaha yang sukses saat berbincang dengan Presiden Bank Dunia (World Bank/ WB) Jim Yong Kim. Dalam bincangnya Jackma mengatakan Menjadi seorang pengusaha wajib memiliki kepercayaan, sebab orang yang memilikinya tidak perlu merasa takut saat menghadapi tantangan.

Tiga Rahasia Besar Cara Menjadi Pengusaha

Dilansir dari CNBC Indonesia Jumat (12/11/2018), Jackma dan Jim Yong Kim, berbincang dalam bagian Disrupting Development - How Digital Platforms and Innovation are Changing the Future of Developing Nations, yang diadakan sebagai bagian dari rangkaian Dana Moneter Internasional (IMF)-WB Annual Meetings di Nusa Dua, Bali.

"Seorang pengusaha harus memiliki kepercayaan sebab orang yang memilikinya tidak perlu merasa takut saat menghadapi tantangan," kata Jack Ma.

"Saya adalah seorang yang percaya bahwa pelanggan adalah nomor satu, pekerja adalah nomor dua, sedangkan perusahaan adalah nomor tiga," ujarnya. "Jika pelanggan bayar kepada saya, pekerja saya akan bekerja lebih keras bersama-sama. Jika pekerja bahagia, pemegang saham juga ikut senang." lanjut jackma.

Seorang pengusaha juga harus memiliki tim yang baik. Ia menyinggung mengenai pentingnya seseorang memiliki EQ (emotional quotient) yang baik saat bekerja dalam tim.

"Banyak sekali orang sukses karena mereka memiliki keberuntungan. Saya merasa beruntung sebagai guru saya memiliki banyak kesalahan tapi saya memperbaikinya," ujar Jack Ma, sambil menambahkan bahwa EQ lebih penting dibandingkan IQ.

Lannjutnya,"IQ saya lebih rendah dibandingkan teman-teman. Tetapi EQ bisa membuat Anda mencari orang-orang yang bagus yang Anda bisa bekerja sama dengan mereka."

Ia menambahkan "Jika Anda punya hati yang besar, maka Anda juga punya LQ, love quotient. Bila Anda peduli dengan orang lain, Anda akan bisa bekerja dengannya." 

Jadi sebagai pengusaha, tantangan akan selalu ada dan menjadi semakin berat setiap harinya. Oleh karena itu, bagaimana cara seorang wirausahawan bertahan hidup adalah cara menuju kesuksesannya.

"Kesalahan adalah pelajaran bagi kita," kata Jack Ma.

"Kita wajib mengajarkan orang bagaimana menghadapi tantangan. Kita ajarkan pada orang-orang bahwa kegagalan dan kesalahan bukan untuk dihindari tapi bagaimana Anda hadapi dan melatih diri menghadapinya. Itulah kunci menjadi pengusaha."

Sumber:
CNBC Indonesia 
https://www.cnbcindonesia.com/entrepreneur/20181012163729-25-37185/ingin-jadi-pengusaha-sukses-ini-tips-dari-jack-ma

Jackma Ungkap 3 Rahasia Besar Kunci Jadi Pengusaha di IMF WB Bali




0 Response to "IMF Bali, Jackma Ungkap 3 Rahasia Besar Kunci Jadi Pengusaha"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel