-->

Cara Membuat Kandang Unggas yang Bebas Penyakit

TERNAK - Cara Membuat Kandang Unggas Bebebas Penularan Penyakit. Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui betapa pentingnya arti kandang bagi unggas, sehingga nampak unggas berkeliaran secara bebas dipekarangan rumah maupun kebun sendiri atau kebun orang lain.

Cara Kandang Unggas Bebas Penyakit

Apabila ada wabah penyakit maka dengan cepatnya akan menyebar dan menyebabkan tingginya tingkat kematian pada unggas. Bila kasus penyakitnya berupa flu burung maka lebih fatal lagi bagi ternak maupun pemiliknya.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mendirikan kandang antara lain menyangkut; jenis usaha, kandang yang akan dibangun disesuaikan dengan jenis usaha unggas,  apakah  usaha  ternak  potong  atau  petelur  atau lainnya. Skala usaha, besarnya skala usaha yang akan dijalankan, tentunya berpengaruh terhadap jumlah tipe dan luas kandang yang akan dibangun. Modal yang tersedia, akan berpengaruh terhadap jenis bahan bangunan yang digunakan, tipe kandang, besar kandang, konstruksi dan skala usaha.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam perencanaan dan pembuatan kandang antara lain :

Letak kandang, kandang yang dibangun pada kedudukan yang agak tinggi agar tidak tergenang air pada saat hujan, bila memungkinkan dirikan kandang jauh dari pemukiman atau bangunan lain. Bagian depan kandang menghadap ke timur agar mendapat cukup sinar matahari pagi. Sekitar kandang tanamlah pagar hidup dengan maksud kandang akan terasa sejuk dan terhalang dari tiupan angin kencang .

Atap dan dinding kandang, atap kandang dapat dibuat dari genteng, seng atau asbes. Letak atap cukup tinggi dari lantai agar udara dalam kandang selalu segar dan peternak dengan mudah melakukan pembersihan kandang. 

Dinding dapat dibuat dari bambu, kawat dan lain-lain. Dengan sistem ventilasi yang baik udara dalam kandang tidak lembab dan gas dari kotoran unggas segera terganti dengan udara segar.

Lantai kandang, ada dua tipe lantai yaitu lantai beralas dan lantai berlubang, untuk lantai beralas sering juga disebut sistem litter, yang lantainya diberi alas setebal 5-10 cm. Alas kandang dapat berupa sekam padi, serutan kayu atau campuran sekaman padi, pasir dan kapur dengan perbandingan 3:2:1. Alas kandang berfungsi sebagai penghisap air dan kotoran kandang selalu kering dan terhindar dari bibit penyakit.


Alas kandang diganti selama 3 bulan sekali. Untuk lantai berlubang dibuat sekitar 50 cm dari permukaan tanah supaya kotoran yang jatuh mudah dibersihkan. Lantai dapat dibuat dari kawat ram, belahan kayu atau bambu dengan jarak 2-2,5 cm. Tanah dibawah lantai  sebaiknya diberi pasir atau bahan lain yang mudah menyerap air.

Luas kandang, kandang yang baik dapat menyediakan ruangan yang sesuai dengan  jumlah  ternak  yang  dipelihara.  Luas  ruangan  yang  dibutuhkan  oleh ternak tergantung dari umur ternak dan sistem pemeliharaan seperti Tabel (sebagai contoh ternak ayam).

Umur Ayam
( Hari )
Sistem dilepas
(ekor/m2)
Sistim dikandangkan
(ekor/m2)
0-8 minggu
25
25
8-20 minggu
20
10
>20 minggu
10
5-7

Peralatan kandang harus memenuhi kebutuhan ternak dan mempermudah tata laksana  pemeliharaan  Jika perlu alat  pemanas  diperlukan  untuk  anak  unggas yang dipelihara tanpa induk. 

Pada umur satu sampai 4 minggu alat pemanas dipasang selalu, sedangkan umur 4-8 minggu alat pemanas dipasang pada malam hari atau di waktu cuaca sangat dingin. Alat pemanas dapat berupa lampu listrik atau lampu minyak tanah. 

Alat pemanas harus diatur untuk memberikan suhu yang tepat, suhu yang rendah mengakibatkan anak unggas kedinginan dan tidak mau makan, sedangkan suhu yang terlampau tinggi mengakibatkan anak unggas kepanasan dan selalu haus. Kedua suhu yang tidak tepat ini akan mengakibatkan unggas tidak sehat dan dapat membawa kematian.

Tempat bertengger, dapat dibuat dari kayu agak bulat dengan ukuran 2-3 cm untuk  ternak  unggas  berumur  kurang  dari  5  bulan  dan  5-7  cm  untuk  yang dewasa. Letakan tempat tengger ini 70 cm dari atas lantai. Pasang demikian rupa sehingga dapat dilepas untuk dibersihkan. Untuk memberikan tempat yang cukup maka sekurangnya untuk seekor ayam tersedia 15-20 cm tempat tengger.

Sarang telur, harus telah disediakan seminggu sebelum ternak mulai bertelur. Sarang ini dapat berupa ember bekas, kotak kayu atau karton atau keranjang bambu, ukuran sarang telur 30x30x25 cm3 atau bila bentuk bulat maka dibuat 25 cm tinggi dan diameter 30 cm. Untuk sistem pemeliharaan dikandangkan, sarang telur dapat dibuat dari kotak kayu yang ditempatkan pada dinding luar, sehingga telur dapat dikumpulkan dari luar tanpa harus masuk kandang. Tinggi sarang telur sekitar 50 cm dari atas lantai. Sebagai alas sarang telur gunakan jerami padi, daun pisang kering atau bahan lain yang empuk.

Tempat makan dan minum, dapat dibeli atau dapat dibuat sendiri dari bambu, seng. Sediakan perlengkapan ini sesuai dengan jumlah ayam, sehingga ayam tidak  saling  berebutan  ketika  makan  dan  minum.  Apabila  tidak  cukup  maka ternak yang kecil akan kalah bersaing sehingga pertumbuhan tidak normal dan mudah terserang penyakit. Ukuran tempat makan dan minum berbentuk panjang seperti pada tabel di bawah ini, untuk ternak ayam .

Tabel   ukuran tempat makan dan minum berbentuk panjang
Umur Ayam
( Hari )
Tempat makan berbentuk
Panjang (cm)
Tempat minum bentuk
Panjang
(cm)
0-4
30
10
4-10
45
20
10-18
50
20
> 18
60
50


Sedangkan untuk ukuran tempat makan dan minum berbentuk bulat dapat dilihat pada tabel 3.

Tabel 3 Ukuran tempat makan dan minum nerbentuk bulat
Umur Ayam
( Hari )
Tempat makan bulat
(cm)
Tempat minum bulat
(cm)
0-4
0,5
0,5
4-10
1
1
10-18
1
1
> 18
2
2

Kandang karantina diperlukan untuk mengisolasi ternak unggas yang sakit ataupun untuk unggas yang baru datang sebelum ditempatkan pada kandang lain yang telah dipersiapkan sebelumnya. Kandang ini dapat berbentuk tunggal sebagai  tempat  penyembuhan  apabila  unggas  yang  terkena  penyakit,  agar dalam  pengobatannya  mudah  dan  pengontrolannya  dapat  dilakukan  secara ketat.
  
Sumber :

Sad Hutomo Pribadi Penyuluhan Madya BB2TP  

0 Response to "Cara Membuat Kandang Unggas yang Bebas Penyakit"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel